Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Motivasi Sikap Positif Prinsip Seorang Pemenang

12 Motivasi Sikap Positif Prinsip Seorang Pemenang

Beberapa cerita singkat mengenai Sikap Positif pada artikel-artikel sebelumnya mengingatkan kita bahwa sikap positif adalah pilihan dalam menentukan cara pandang terhadap kondisi eksternal yang kita hadapi dengan cara mengubah dan menyesuaikan kondisi internal. 

Sikap positif adalah suatu mekanisme yang dapat dipengaruhi dari dalam diri sendiri dan setiap manusia memegang kontrol 100% atas tindakan yang dilakukanya. 

Sebagai orang yang positif, kita harus melihat bahwa 10% bagian hidup kita adalah fakta, sementara 90% sosanya adalah bagaimana kita bersikap terhadap fakta-fakta tersebut. 

Orang-orang negatif memandang hidup ini sebaliknya, yaitu 90% kenyataan hidup (fakta) sementara 10% sisanya adalah bagaimana bersikap terhadap kenyataan. Tidaklah heran, orang-orang negatif pasrah dengan keadaan eksternal dan mempunyai tendensi menalahkan segala sesuatu kecuali diri mereka. 

Orang yang positif berfocus pada solusi dari setiap permasalahan yang ia hadapi, orang-orang negatif berfocus pada masalah itu sendiri. 

12 Motivasi Sikap Positif Prinsip Seorang Pemenang


12 Motivasi Sikap Positif Prinsip Seorang Pemenang 

  1. Sikap positif adalah sikap, cara pandang, kepribadian kita dalam menghadapi hidup. It's just the way of life! Orang-orang sukses dan berhasil adalah mereka yang selalu di dominasi oleh Possitive Attitude. 
  2. Attitude yang positif tidak serta merta membuat hidup anda langsung menjadi sukses; dibutuhkan waktu, proses, dan kesabaran yang ekstra di dalam diri anda, dan oada suatu saat nanti cara berpikir anda yang selalu melihat setiap hal secara positif akan membuat anda lebih fokus terhadap kesuksesan dibanding kegagalan. 
  3. Attitude yang positif paling dibutuhkan bukanya pada saat-saat di mana anda berhasil dan sukses namun dibutuhkan ketika anda menghadapi tantangan dan kegagalan terberat dalam hidup anda. 
  4. Apa yang ada pada anda sekarang adalah hasil dari apa yang anda pikirkan kemarin, dan anda menjadi orang yang akan datang bergantung pada apa yang anda pikirkan pasa saat ini. Jadi, selalulah bersikap dan berfikir positif!
  5. Apa pun yang terjadi pada diri kita, fokuslah pada masa depan daripada berfokus pada masa lalu. Daripada mempersoalkan siapa yang harus disalahkan, sebaiknya kita berfokus pada rencana dan apa yang akan kita lakukan. Fokuskan perhatian, pikiran, dan tindakan pada keberhasilan masa depan, dan lakukanlah setiap tindakan positif untuk bisa mencapainya. Hal yang sudah terjadi biarlah berlalu, ambillah pelajaran positif dari hal-hal tersebut. Koreksi diri adalah hal terbaik dan lebih memberikan arti dalam membangun sikap hidup positif. 
  6. Arahkan focus anda pada kesuksesan nda anda akan mendapatkannya. Namun jika anda mengarahkan fokus anda pada kegagalan, anda akan menerima kegagalan itu.
  7. Bersikaplah antusias dalam menjalani hidup ini karena hanya antusiaslah yang dapat terus membakar semangat anda sampai tercapainya sebuah tujuan. 
  8. Selalu asumsikan bahwa dibalik setiap kesulitan pasti ada hal-hal baik dan indah. Yakinlah bahwa ada saatnya ketika Tuhan akan memberikan "hadiah", maka terlebih dahulu Tuhan akan berikan tantangan kepada kita. Semakin besar "hadiah" yang akan kita terima, akan semakin besar pula tantangan yang akan kita hadapi. Namun, hal yang paling menggembirakan adalah, ketika kita berfokus pada "hadiahnya", antusiasme kita pun akan meningkat. Tuhan menentukan jalan hidup setiap manusia, namun ia memberikan kebebasan sepenuhnya kepada setiap manusia untuk memilih bagaimana ia menjalani kehidupanya. 
  9. Dari setiap tantangan yang kita hadapi, lihatlah dari sisi pelajaran yang dapat di ambil darinya. Asumsikan selalu bahwa, dari setiap kesulitan yang kita hadapi, akan selalu terdapat pelajaran penting bagi kehidupan kita. Hanya jika kita mau mempelajarinya, maka kita akan bisa menjadi lebih maju dan lebih bijaksana lagi pada masa mendatang dalam mencapai cita-cita besar dalam hidup kita, Ingat, setiap keberhasilan adalah buah dari ratusan bahkan ribuan usaha yang tak kenal lelah dan pantang mundur. 
  10. Ingatlah bahwa setiap masalah yang kita hadapi hanyalah bersifat sementara, spesifik dan eksternal. Ingatlah bahwa segala hal yang bersifat negatif merupakan hal-hal yang tidak berhubungan dengan hal lain dalam hidup kita, dan ia disebabkan oleh-oleh faktor eksternal dan kita tidak memiliki kontrol untuk mencegahnya. Apa pun yang terjadi di luar kontrol kita bukanlah menjadi masalah utama tetapi hal yang paling penting adalah bagaimana kita bereaksi secara internal terhadap keadan eksternal. Attitude kita lebih penting daripada fakta yang terjadi. 
  11. Kapanpun kita menghadapi kesulitan, berfokuslah pada solusi daripada berfokus pada masalahnya. Pikirkan dan bicarakan solusi-solusi terbaik untuk mengatasi kesulitan tersebut. Jangan buang waktu kita untuk membahas dan mempersoalkan masalahnya. Biasanya, berfikir dan berbicara tentang solusi akan mengarahkan kita secara positif untuk mengatasi kesulitan. Sementara itu, berfikir dan membicarakan masalah akan mengarahkan kita pada hal-hal negatif dan membuat kita berjumpa dengan kesulitan-kesulitan baru. Dengan cara selalu berfokus pada solusi, maka kita akan menjadi orang positif dan konstruktif.
  12. Attitude seseorang bukan hanya berasal dari pikirannya tetapi juga dari ekspektasi yang membuahkan tindakan. Pikiran, ekspektasi, dan tindakan akan mempengaruhi sikap anda dalam menghadapi hidup ini. Inilah maksa sebenarnya dari sebuah possitive attitude.

Posting Komentar untuk "12 Motivasi Sikap Positif Prinsip Seorang Pemenang "

Berlangganan via Email