Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jasa Pemasangan Flying Fox Seluruh Indonesia, Bersertifikasi K3

Jasa Pemasangan Flying Fox

Hallo bapak dan ibu praktisi serta pengusaha di bidang pariwisata, selamat datang di website resmi kami Jasa Pemasangan Flying Fox & Wahana Outbound FLYINGFOXNESIA, kami berdomisili di Sidoarjo - Jawa Timur, base camp kami di Kerawean, Sumorame, Kec. Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Tapi anda jangan kawatir misal lokasi anda jauh dari kami, tetap saja kami bisa membantu bapak dan ibu untuk perihal pembuatan flying fox dan berbagai macam wahana outbound.

Selain pembuatan flying fox kami juga bisa membantu anda membuat wahana wisata /spott selfie yang lain seperti sepeda gantung/sepeda udara, ayunan ekstrem, becak udara, karpet terbang dan berbagai jenis wahana outbound lainya.

Pada artikel kali ini kami akan bagikan informasi penting kepada anda terkait pembuatan flying fox secara lengkap dan jelas. Supaya anda mempunyai gambaran serta wacana terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menghadirkan wahana permainan flying fox di lokasi wisata anda.


1. Permainan Flying Fox

Permainan Flying Fox adalah permainan tantangan ketinggian yang terdiri dari pulley digantungkan ke wire atau kabel baja, kemudian ketika akan meluncur lebih dulu peserta dilengkapi helm, alat pengaman tubuh (full harnets/seat harnes) yang di kaitkan dengan katrol/pulley dan kemudian meluncur mengikuti wire/sling baja.

Permainan ini dipercaya bisa melatih keberanian dan ketegasan dalam mengambil keputusan, karena sekalipun sudah menggunakan alat pengamanan yang optimal peserta akan bertarung dulu dengan rasa takutnya sebelum akhirnya memutuskan untuk melompat.

Dalam sebuah kegiatan outbound, khususnya outbound untuk anak-anak sepertinya tidak lengkap bila di dalam rangakaian kegiatan outbound tersebut tidak ada permainan lying fox.

Bahkan pengalaman kami selama bertahun-tahun memandu outbound, kami banyak menemui salah kaprah dalam mengartikan permainan flyin fox, banyak orang menganggap kegiatan outbound itu adalah flying fox, jika tidak ada flying fox nya berarti itu bukan outbound, kata mereka. Hehe.. padahal tidak seperti itu.

Bapak dan ibu perlu tahu dulu sebelum melakukan pemasangan flying fox bahwa permainan flying fox ini termasuk dalam kategori Adventure High Impact yang beresiko tinggi sehingga dibutuhkan sdm yang ahli dalam pembuatanya serta didukung peralatan yang memenuhi standart keselamatan.

Mungkin kelihatanya simple ketika membuat flying fox, tetapi ada banyak hal - hal kecil yang berkaitan dengan teknis keselamatan yang sering terabaikan, apalagi jika sdm yang memasang tidak punya cukup pengalaman, saran kami jangan sembarangan karena beruurusan dengan keselamatan.


2. Flying Fox Untuk Anak atau Dewasa ?

Jasa Pemasangan Flying Fox

Pada dasarnya flying fox ini sebetulnya diperuntukkan bagi orang dewasa, karena memang salah satu permainan tantangan yang sangat beresiko, tetapi seiring banyaknya permintaan untuk anak-anak, maka flying fox juga bisa dilakukan oleh anak-anak tetapi tentu dengan ukuran lintasan yang lebih pendek.

Umumnya hampir di semua tempat wisata yang menyediakan permainan flying fox rata-rata flying fox untuk anak - anak panjang lintasan 50 - 60 meter sedangkan flying fox untuk dewasa 80 - 100 meter.

Ukuran panjang ini ideal jika flying fox sifatnya Fun dan Recreational, beda lagi jika flying fox ingin lebih extreme dan menantang maka bisa juga lintasanya lebih panjang, bahkan kami pun pernah menjumpai flying fox dengan panjang 900 - 1km.

Maka dari itu bapak dan ibu musti paham dulu marketnya,  pembuatan flying fox di tempat anda nanti mau dijual ke anak-anak atau dewasa, untuk wisata atau yang extreme, agar tidak salah konsep.

Kami kawatir karena banyak sekali diluaran sana orang ingin mengadakan pemasangan flying fox tetapi tanpa konsep dan perhitungan alhasil terlalu panjang bisa juga tidak laku, terlalu pendek bisa juga orang malas untuk mencobanya.

Maka sedini mungkin anda tentukan marketnya sesuai dengan daerah dan budaya masing-masing, baru kami akan bantu anda untuk pembuatan flying fox nya.


3. Peralatan Flying Fox dan Fungsinya

Peralatan Pemasangan Flying Fox

Untuk peralatan flying fox khususnya alat pengaman seperti pulley, sit harnets/full harnest, helm dll banyak sekali brand-brand terkenal luar negeri dengan kualitas terbaik yang juga dipasarkan di Indonesia.

Anda tidak terlalu susah untuk mendapatkan nya, terlebih saat ini peralatan permainan flying fox sudah banyak produk-produk lokal berunculan yang harganya terjangkau dengan kwalitas yang tidak kalah dengan merk - merek terkenal.

Berikut ini kami berikan informasi jenis - jenis peralatan pemasangan flying fox : 

  1. Wire / Sling Baja (berfungsi sebagai medan meluncurnya pulley)
  2. Pulley / Katrol ( berfungsi sebagai roda untuk meluncur diatas sling baja, terbuat dari Baja Galvanis yang kuat, anti karat dan tahan lama)
  3. Carabiner (berfungsi untuk mengaitkan dari pulley ke harness. Carabiner sangat berperan untuk sistem keselamatan)
  4. Seat Harness/ Full Harness (berfungsi sebagai alat pengaman yang di pasang pada tubuh)
  5. Helm (berfungsi untuk melindungi kepala peserta yang bermain flying fox)
  6. Sarung Tangan (berfungsi untuk melindungi tangan operator saat melakukan belayer)
  7. Tali Karmantel (berfungsi untuk alat sistem pengeraman)
  8. Chain Block (berfungsi sebagai katrol atau treker untuk menarik sling baja pada saat pemasangan flying fox)
  9. Grease (semacam stempet/pelumas kental yang berfungsi untuk melindungi sling baja dari karat)
  10. Bantalan Kayu/Karet (berfungsi sebagai alas saat melingkar sling baja di pohon atau tower)
  11. Jarum Keras / Span Skrup (berfungsi untuk tahanan/spaner tiang/pohon/tower flying fox)
  12. Klem Sigel (berfungsi untuk pengait tali karmantel dengan sling baja dalam pengereman)
  13. Klem Sling / Kuku Macan (berfungsi sebagai penahan/pengunci sling baja agar tidak lepas)
  14. Webbing (berfungsi untuk tali penghubung dari sit harnest yang dipasang ditubuh ke pulley)


4. Flying Fox Menggunakan Tiang Pohon

Jasa Pemasangan Flying Fox Pohon

Dalam pemasangan flying fox memang jelas membutuhkan tiang atau tower sebagai rumah tempat mengikat wire/sling baja pada posisi start dan finish. Jika di lokasi anda terdapat pepohonan yang sesuai untuk dipasang permainan flying fox akan sangat membantu anda dalam segi biaya dan proses pemasangan.

Karena jika menggunakan pohon tentu bisa lebih cepat pemasanganya dan juga lebih irit dari segi biaya, karena anda tidak perlu membangun kontruksi tower. Anda hanya cukup membangun platform/pijakan tempat meluncur di start dan finish saja, bisa terbuat dari besi atau kayu dengan catatan pemasangan tidak melukai pohon.

Tetapi pemasangan tiang flying fox yang menggunakan pohon pun tidak serta merta semua jenis pohon bisa di gunakan, tentu ada kriteria dan jenis tertentu bahwa pohon tersebut layak untuk di pakai tiang permainan flying fox.

Proses pembuatan flying fox yang menggunakan pohon juga perlu memperhatikan dengan detail segi kesehatan pohon, jangan sampai pohon tersebut lama kelamaan akan mati karena kena paku atau benda tajam lainnya. Faktor perawatan juga perlu diperhatikan untuk terus memantau perubahan konstruksi karena pergeseran pohon yang terus bertumbuh.

Dan yang terakhir, instalasi flying fox yang mengunakan pohon jelas kekuatan juga terbatas, maka dari itu menurut pengalaman panjang lintasan yang kami rekomendasikan maximal 150 meter.

*syarat pohon yang bisa digunakan untuk flying fox tidak bisa sembarang pohon, alangkah lebih aman jika kami bantu untuk survey lokasi terlebih dahulu.


5. Konstruksi Bangunan Tower Flying Fox

Tower Flying fox

Pada gambar konstruksi bangunan tower flying fox di atas ini kami menyebutnya konstruksi Grade A, karena memang konstruksi pada tower tersebut menggunakan besi baja balok wf, kolong wf dll, yang secara kualitas, kekuatan tidak di ragukan lagi.

Tetapi tidak harus konstruksi tower flying fox seperti Grade A, anda bisa modifikasi sendiri sesuai kekuatan dan kemampuan, yang terpenting dikerjakan oleh teknisi profesional sehingga bisa mengukur beban kekuatan tower tersebut.

Konstruksi tower flying fox ini biasanya digunakan untuk pemasangan flying fox yang tidak menggunakan pohon, atau flying fox yang panjang meluncurnya di atas 150 meter, tentu semakin panjang beban semakin berat maka dibutuhak tower/tiang yang mampu menopangnya.

Jangan kaget, biasanya konstruksi bangunan tower flying fox ini memakan biaya lebih banyak daripada biaya pemasangan flying fox.


6. Durasi Pembuatan Flying Fox

Jasa Pemasangan Flying Fox

Proses pengerjaan permainan flying fox ini tidak memakan waktu yang lama, terhitung sejak konstruksi tower atau pohon sudah ready dan siap di pasang flying fox, kemudian start dan finish kontur tanahnya datar maka perhitungan kami pemasangan flying fox panjang lintasan 100 - 150 meter akan selesai dalam waktu 2- 3 hari.

Tetapi tidak menutup kemungkinan proses pemasangan flying fox bisa lebih lama, biasanya karena hal - hal teknis di lapangan yang di luar prediksi kami.

Untuk pembuatan flying fox dengan panjang lintasan 100 - 150 meter kami akan menerjunkan 3 - 4 orang team, dimana 2 orang sebagai teknisi dan 2 orang tim support, semua tim teknis pembuatan flying dari Flyingfoxnesia sudah berpengelaman rata-rata di atas 10 tahun dalam hal instalasi wahana outbound, beberapa dari mereka sudah mengantongi sertifikat kerja ketinggian/K3.

"Pak, kami lokasi di luar pulau bagaimana proses nya ?" Tenang saja bapak dan ibu, kami melayani pemasangan seluruh Indonesia, untuk pemasangan di luar pulau stelah deal project kami akan kirim kan dulu via kurir paket untuk material instalasi beserta peralatan, nanti jika sdh sampai kami langsung menyusul dan melakukan pemasangan disana.


7. Perawatan Flying Fox

Jasa Pemasangan Flying Fox

Perawatan permainan flying fox ini terbilang cukup mudah, selain merawat peralatan pengaman yang paling utama adalah mempertahankan gimana caranya agar wire/sling baja terlindungi dari panas dan hujan yaitu dengan dilapisi grease atau pelumas stempet yang bisa dilakukan minimal 1 bulan sekali.

Untuk flying fox yang dekat denga laut biasnya lebih cepat terjadi korosi/berkarat karena efek uap air garam, maka pemberian grease atau pelumas stempet perlu di lakukan sesering mungkin.

Saat ini pemberian grease atau pelumas stempet pada wire/sling baja masih kami lakukan dengan cara manual, untuk lebih lengkap cara ini akam kami berikan kepada tim operator di dalam Training Operator nanti, jadi para tim yang mengoperasikan flying fox pun juga bisa merawat flying fox dengan baik.


8. Biaya / RAB Pembuatan Flying Fox

Untuk biaya dan RAB pembuatan flying fox kami tidak bisa sebutkan detail disini, kami sudah siapkan brosur serta proposal flying fox yang lebih jelas, siap kami berikan kepada anda untuk anda pelajari terlebih dahulu, silahkan langsung meluncur ke whatsapp saya di 0822 1321 7720.

Tapi sebagai gambaran sekilas untuk pemasangan flying fox dengan panjang lintasan 100 meter, kami akan berikan fasilitas seperti yang ada dibawah ini ;

  • 260 M Sling Baja 12 mm
  • 25 Pcs Klem Sling
  • Pelindung Sling, Karet Rem, Klem Sigel
  • 100 M Tali Transfer
  • 10 Pcs Pulley Tandem
  • 1 Roll Webbing
  • 20 Pcs Carabiner
  • 4 Pcs Jarum Keras
  • 1 Roll Tali Carnmantle
  • 2 Set Sarung Tangan
  • 6 Pcs Sit Harnets
  • 6 Pcs Helm
  • Jasa Pemasangan
  • Training Operator


9. Pertanyaan & Jawaban Seputar Pemasangan Flying Fox

Dibawah ini adalah pertanyaan yang sering muncul dari para calon klien kami, semoga bisa membantu anda mendapatkan jawaban dan solusi sebelum anda melakukan pembuatan instalasi permainan flying fox.


Tanya : "Apakah pembuatan flying fox ini sudah termasuk juga pembuatan tiang/tower ?" 

Jawaban : " Untuk pembuatan flying fox memang kami pisah antara pemasangan flying fox dengan pemasangan tiang / tower, hal ini kami lakukan karena proyek yang kami tangani adalah lingkup besar seluruh Indonesia, maka besar kemungkinan harga bahan material yang kami sertakan bisa berbeda dengan harga material di lokasi tertentu yang akan dipasang. 

Maka proposal kami sementara ini hanya proposal pemasangan flying fox saja, jika anda ingin include serta tower/tiang kami akan survey dan hitungkan terlebih dahulu. "


Tanya : " Untuk tower/tiang flying fox kami bisa buat sendiri, apakah ada contoh gambarnya ?"

Jawaban : " Siap, kami mempunyai gambar arsitek yang lengkap dan detail untuk pembuatan kontruksi tower nya, kami bisa berikan secara cuma-cuma kepada bapak/ibu nanti jika sudah deal kerja sama dengan kami. "


Tanya : " Saya posisi di luar pulau, apakah harga paket juga masih berlaku ?"

Jawaban : "Harga paket kami yang tertera di proposal berlaku di seluruh Indonesia, tetapi untuk pemasangan di luar pulau akan ada biaya tambahan seperti (transport pengiriman barang & peralatan, tranport tim pemasangan, biaya akomdasi dna penginapan saat pemasangan) untuk besaran biaya akan kami hitung setelah kami tahu lokasi pemasangannya dimana. "


Tanya : "Jika saya ingin mengundang untuk survey lokasi, bagaimana teknisnya ?"

Jawaban : " Untuk survey lokasi kami akan mengirimkan 2 orang teknisi, bapak/ibu cukup bantu kami dengan memberikan biaya transportasi PP dari tempat kami. 


Tanya : " Dalam jangka panjang  misal nanti instalasi flying fox ada kerusakan atau perlu perbaikan bagaimana ? "

Jawaban : "Jangan kawatir bapak/ibu, setelah instalasi terpasang dan siap beroperasi kami akan terus memantau, tidak serta merta kita lepas dan putus hubungan, kita akan menjadi teman dan terus berkomunikasi seperti klien kami yang sudah-sudah, kami siap terus bantu jika nanti dibutuhkan."


Tanya : " Misal kami yang belanja segala keperluan pembuatan flying fox, kemudian anda tinggal melakukan pemasangan, apakah bisa ? "

Jawaban : " Bisa sekali, tetapi tentu kita perlu komunikasi lebih lanjut dalam hal material, supaya kami bisa memastikan semua kebutuhan material pemasangan flying fox sudah terpenuhi. "


Tanya : " Selain pemasangan flying fox apakah ada saran wahana yang lain ?"

Jawaban : " Selain pembuatan flying fox kami juga ahli dalam pembuatan wahana sepeda gantung/sepeda udara, karpet terbang, becak terbang, ayunan ekstrem, flying surfing, dan juga pembuatan berbagai jenis wahana outbond. "


Tanya : " Kami sedang membutuhkan peralatan flying fox, apakah kami bisa beli disini ?"

Jawaban : " Silahkan, kami juga menjual berbagai jenis peralatan dan alat pengaman flaying fox beserta permainan ketinggian lainya, anda bisa hubungi kami di  0822 1321 7720. 

Posting Komentar untuk "Jasa Pemasangan Flying Fox Seluruh Indonesia, Bersertifikasi K3"

Berlangganan via Email