Apakah Kamu Tahu Kemana Kamu Pergi?

Apakah Kamu Tahu Kemana Kamu Pergi?

Pada suatu hari di sebuah persimpangan jalan di perbatasan kota, seorang anak muda yang sedang mengendarai mobilnya berhenti. Ia terlihat kebingungan; sementara itu, di salah satu sudut jalan di bawah pohon rindang terlihat seorang kakek bijak sedang duduk santai sambil menghisap kreteknya. 

Sang anak muda menghampiri sang kakek dan bertanya, "Kek, jalan mana yang harus saya ambil?" Kakek itu balik bertanya, "Kamu ingin pergi ke mana?" "Tidak tahu, jawab anak muda itu. Kakek bijak itu pun berpikir sejenak dan kemudian menjawab, "Jika kamu tidak tahu mau ke mana, tidak menjadi masalah kalau kamu belok kiri atau ke kanan."

Tepat sekali jawaban yang diberikan oleh sang kakek. Tidak akan menjadi masalah jalan mana yang akan anda pilih, selama anda sendiri tidak memiliki suatu tujuan yang jelas dan pasti. 

Hidup ini memberikan pilihan yang tiada batas ke mana kita ingin tuju. Tengoklah bandara Juanda Surabaya, jika anda tiba di terminal keberangkatan, lihatlah begitu banyak tujuan pesawat yang berbeda ke banyak tujuan di seluruh dunia. 

Setiap pilihan akan membawa anda ke tempat yang berbeda; hal yang sama juga terjadi dengan pilihan hidup anda. Dalam hidup, sering kalikita di hadapkan pada permasalahan seperti ini yang membawa kita ke arah yang tidak menentu.

Salah satu sebab utamanya adalah karena kita tidak memiliki tujuan (goals)  yang jelas sedari awal kita melangkah.

Hidup ini ssama persis dengan permainan jigsaw puzzle potongan-potongan kecil yang sengaja di acak agar supaya kita berpikir untuk meletakkannya pada posisi yang tepat. 

Manakala anda mendapat suatu hadiah permainan jigsaw puzzle, dengan 1.000 potongan kecil yang terpisah, anda pasti tidak dapat merangkainya jika anda tidak tahu hasil akhir dari gambar yang ingin anda rangkai. 

Anda membutuhkan gambar akhir; otak anda sama dengan permainan jigsaw puzzle ini, ia harus dapat melihat hasil akhir sebelum dapat mulai focus merangkai gambar itu. Oleh karena itu, kita perlu melihat sengan jelas tujuan kita dalam pikiran kita.