Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Jhon F. Kennedy Membuat Goal yang S.M.A.R.T


"I believe that this nation should commit itself to achieving the goal, before this decade is out, of landing a man on the moon and returning him safely to the Earth." (Saya yakin bahwa negara ini harus berkomitmen untuk mencapai goals-nya, sebelum dekade ini berakhir, yaitu mendaratkan manusia di bulan dan membawanya kembali ke bumi dengan selamat.)

Itu adalah potongan naskah pidato yang berapi-api dari John F. Kennedy, President termuda Amerika Serikat di depan para anggota kongres pada tanggal 25 Mei 1961.

Pernyataan yang berani ini ditunjukan untuk meng-counter keberhasilan Uni Soviet yang sebelumnya telah berhasil mengirim sputnik dan Yury Gagarin mengelilingi bumi.

Amerika Serikat merasa terdesak dengan kemajuan pesat yang diperoleh Uni Soviet, JFK mencanangkan sebuah stretching goal yang sulit dan menantang bagi rakyat Amerika. 

Pada potongan kalimat lainya JFK menyinggung bahwa dia membuat goal tersebutbukan karena hal tersebut sesuatu yang mudah, tetapi karena goal itu sangat sulit. Kalimat penting yang di ucapkan JFK telah mencakup semua unsur "SMART" dalam melakukan goal setting.

S - Specific :                 
Landing a man on the moon (mendaratkan manusia di bulan)

M - Measurable :
Landing a man on the moon and returning him safely to the Earth (mendaratkan manusia di bulan dan membawanya kembali ke bumi dengan selamat)

A - Achievable :
I believe that this nation should commit it self to achieving the goal (saya yakin bahwa negara ini harus berkomitmen untu mencapai targetnya)

R - Realistic :
....actally unrealistic for many people but JFK believe it (sebenarnya pada saat itu tidak realistis, tetapi JFK yakin akan hal tersebut)

T - Timebound :
before this decade is out..... (sebelum dekade ini berakhir)


JFK percaya bahwa bangsa Amerika mampu mencapai target ini dengan usaha yang keras, dan keyakinannya membuahkan kememangan besar bagi amerika Serikat terhadap Soviet. 

JFK telah melakukan visualisasi selama 10 tahun ke depan dan visualisasi ini akhirnya menjadi kenyataan pada tanggal 20 Juli 1969 ketika Neil Amstrong menapakkan kakinya di permukaan bulan dan mengucapkan pertanyaan yang menjadi favori abad dua puluh ini, "That's one small step for a man, but a giant leap for a mankind." (langkah kecil bagi seorang manusia, tetapi lompatan besar bagi kemanusiaan.)

Desire JFK saja tidaklah cukup, karena pada tahun 1963 JFK mati tertembak di Texas. Goals yang mulanya hanya dimiliki oleh seorang Presiden telah berubah menjadi goals milik sebuah bangsa. 

Cita-cita JFK dan bangsa Amerika akhirnya tercapai dalam waktu 8 tahun 2 bulan, malah lebih cepat dari target yang ditentukan. JFK tidak sempat melihat mimpinya menjadi kenyataan tetapi goals-nya telah mengubah sejarah dunia.

Cerita tersebut menunjukkan kepada kita bahwa mereka menaruh target yang hampir tidak masuk akal untuk dicapai, tetapi target inilah yang menjadi pendorong dan semangat untuk mencapai hal tersebut. 

Stretching goal di pakai oleh sebagian orang sukses untuk membuat tantangan yang besar untuk menghasilkan hasil yang menakjubkan. Sering kali tantangan yang tersulit itulah yang akan memacu kita untuk mengeluarkan semua yang terbaik yang kita miliki.

Mari buatlah target yang menantang dan capailah. Dan sukses dalam mencapainya akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. 

Posting Komentar untuk "Cerita Jhon F. Kennedy Membuat Goal yang S.M.A.R.T"

Berlangganan via Email