Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unleash The Power of Goals

Unleash The Power of Goals

Goals bukanlah sekedar mimpi-mimpi indah, goals adalah cita-cita yang disertai tindakan-tindakan yang jelas untuk mencapainya. Goals adalah mimpi yang mempunyai batasan waktu (deadline). 

Ini bukan sekedar pernyataan, "Saya berharap saya dapat..." tetapi goals adalah pernyataan kuat yang berisi semangat untuk mewujudkannya seperti, "Saya harus mendapatkan hal tersebut dalam waktu lima tahun mendatang..." 

Goals merupakan perpaduan antara tujuan hidup anda dengan perencanaan yang rinci dan matang tentang bagaimana anda mencapai tujuan tersebut. Goals akan membawa anda dari posisi anda sekarang berada (where you are) ke posisi yang anda inginkan pada masa datang (where you want to be). 

Goals mutlak diperlukan bagi tercapainya kesuksesan, sebagaimana mutlaknya udara bagi kehidupan. 

Eart Nigthingale dengan akurat mengungkapkan arti kesuksesan yang di artikan dalam bentuk goal, "Succes is the progressive realization of a worthy goal." (Sukses adalah usaha mewujudkan pencapaian sebuah tujuan yang berharga.) 

Tidak seorang pun dapat hidup tanpa udara, maka tidak seorang pun dapat mencapai puncak kesuksesan dengan kebetulan dan tanpa perebcanaan. Tujuan dari goals agar kita dapat focus terhadap apa yang ingin kita capai. 

Kekuatan pikiran manusia tidak dapat dikeluarkan secara maximal jika tidak diberikan tujuan yang jelas. Ingatlah bahwa keajaiban kekuatan pikiran kita terjadi ketika kita memiliki tujuan-tujuan yang jelas. 

Kekuatan pikiran kita bagaikan aliran listrik yang langsung mengalir ketika tombol ditekan dan tombol itulah goals kita. 

Seorang kawan pernah mengeluh tentang gaji bulanannya yang dirasa tidak cukup. Gaji yang di dapatnya tidak pernah bisa dialokasikan untuk menabung karena hanya pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Unleash The Power of Goals

Oleh karena tidak puas, maka ia memutuskan untuk pindah pekerjaan dan mendapatkan gaji yang lebih besar 30% dari sebelumnya. Masalah yang sama kembali timbul, uang yang ia terima setiap bulan itu pun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya, sehingga tidak ada uang yang bisa ditabung.

Setelah melalui masa satu tahun di perusahaan tersebut, ia pun pindah pekerjaan lagi guna mendapatkan gaji yang lebih besar lagi, dan masalah serupa kembali timbul.

Apa masalah sebenarnya? Adakah di antara anda yang memiliki masalah serupa? Walaupun kawan saya ini pindah berkali-kali ke perusahaan berbeda dan mendapatkan gaji yang lebih besar, saya yakin masalah serupa tetap akan timbul. Mengapa ?

Karena masalahnya bukan terletak pada berapa besar gajinya, tetapi karena ia tidak memiliki goals yang jelas, spesifik, dan tertulis tentang kondisi kuanganya. Tanpa goals,  anda akan jalan di tempat, tidak ada kemajuan berarti dalam hidup anda karena arah hidup anda tidak jelas. 

Jika anda memperhatikan berbagai penemuan-penemuan besar dalam sejarah manusia, baik penemuan di bidang kedokteran, teknologi, rekayasa, maupun keberhasilan dalam bidang bisnis, semua itu tidak terjadi begitu saja dalam waktu singkat dan mudah.

Keberhasilan-keberhasilan tersebut terjadi setelah terlebih dahulu dicanangkan dalam suatu target yang jelas dan melalui proses panjang untuk mewujdukanya.

Satelit yang berputar mengelilingi bumi, stasiun luar angkasa, dan pesawat ulang-alik bukan terjadi dengan sendirinya. Para ahli telah menetapkan cita-cita untuk menaklukkan luar angkasa jauh hari sebelum hal itu terealisasi.

Anda tentu tahu perusahaan besar seperti Sony Corporation, sebuah perusahaan raksasa elektronik dunia. Keberhasilan perusahaan ini adalah buah dari goals yang jelas dan kerja keras mereka selama puluhan tahun. 

Sebuah perusahaan yang berhasil, tidak akan melihat kondidi perusahaan tersebut tahun ini atau tahun depan saja, tetapi ia sudah mencanangkan target untuk 10 tahun mendatang. Visualisai, itulah kata yang tepat untuk menggambarkanya. 

Apa yang terjadi pada perusaahan tersebut saat ini merupakan hasil dari visualisasi para pemimpin perusahaan 10 tahun yang lalu. Jika perusahaan membangun satu pabrik baru, tentunya itu bukan untuk mencapai target tahun depan atau dua tahun mendatang, tetapi dibangun untuk merealisasikan goals perusahaan 10 tahun mendatang.

Begitu pula dengan manusia. Setiap saat kita diberikan kesempatan yang sama untuk menentukan hidup kita 10 tahun mendatang? Semuanya bergantung pada keputusan anda saat ini. 

Ngomong-ngomong, pernahkah anda memikirkan, membayangkan, mencita-citakan, dan merencanakan kehidupan anda 10 tahun lagi, baik dari segi keuangan, keluarga, sosial kemasyarakatan, kesehatan, jabatan di tempat kerja, dan lain sebagainya? 

Jika belum, mulailah dari sekarang untu menentukan masa depan anda...

Posting Komentar untuk "Unleash The Power of Goals"

Berlangganan via Email