Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mental Pememang Akan Menerapkan 12 Sikap Ini Saat Mengalami Kegagalan

Mengalami Kegagalan

Seorang anak sedang memerhatikan perjuangan seekor kupu-kupu cilik yang berusaha keluar dari kepompongnya. la menunggu berjam-jam dan merasa bahwa sang kupu-kupu kecil kelihatannya tidak mampu untuk mengeluarkan dirinya. 

Oleh karena merasa kasihan, sang anak mengambil gunting untuk membuat lubang yang lebih besar lagi agar si kupu-kupu itu dapat keluar lebih mudah. 

Akibat perbuatannya, memang kupu-kupu itu berhasil keluar, tapi otot-otot sayapnya tidak menjadi kuat dan besar sehingga ia tidak dapat terbang. 

Sang anak mendapat pelajaran yang sangat berharga, bahwa sang kupu- kupu membutuhkan perjuangan yang keras agar supaya anak otot-otot sayapnya dapat terbentuk. 

Niat baik justru menghasilkan cacat seumur hidup bagi sang kupu- kupu yang malang. Sering kali, yang kita butuhkan dalam hidup ini adalah perjuangan. Jika Tuhan merelakan kita untuk melalui hidup ini tanpa tantangan, maka hal ini akan membuat kita lemah dan tak berarti; sama seperti si kupu-kupu, kita tidak dapat "terbang". 

Lihatlah kegagalan dari sudut pandang yang positif. Jadikanlah kegagalan sebagai anak tangga mencapai kesuksesan. Emas yang murni adalah emas yang berasal dari pembakaran terpanas. Kegagalan akan mengeluarkan semua potensi yang kita miliki. 

Kegagalan memaksa kita untuk berubah dan mengambil tindakan, karena bukan kegagalan yang terpenting melainkan apa yang akan Anda lakukan dengan kegagalan itu. 

Earl Nightingale pernah mengatakan, "Dalam pertandingan baseball, Anda tidak akan pernah berpindah ke base yang kedua jika Anda tetap berusaha menempatkan kaki Anda di base pertama". 

Anda tidak akan mencapai mimpi Anda jika Anda TIDAK BERANI MENGAMBIL RISIKO untuk menghadapi kegagalan dalam usaha Anda. 

Jika Anda yakin bahwa hal ini adalah sesuatu yang tepat untuk Anda dan Anda mempersiapkan diri dengan matang, Anda akan bertemu dengan kesuksesan yang Anda dambakan. 

Ingatlah, bahwa kesuksesan seseorang tidak diukur dari betapa sukses ia pada saat ini, tetapi lebih diukur dari berapa banyak tantangan yang berhasil ia hadapi dan tuntaskan. Hidup ini bagaikan rangkaian musim yang berbeda. 

Ada kalanya musim hujan, di lain waktu datang musim kemarau. Tidak ada musim yang akan bertahan selamanya, dan ketika satu musim berakhir maka sudah saatnya berubah, bergerak maju dengan keyakinan yang positif. 

Kegagalan dapat membuka pintu baru, ingatlah ketika kesempatan datang dan mengetuk pintu Anda, dan Anda membuka pintu tersebut, maka bersiaplah bertemu dengan kegagalan. 

Namun jangan gusar, karena mengalami kegagalan ini tidak bersifat final. Jika Anda menyambutnya dengan positif, kegagalan dapat berubah menjadi kesuksesan. Jika kesempatan mengetuk pintu Anda dan Anda tidak membukanya, Anda tidak pernah mengetahul kesuksesan yang lebih besar daripada apa yang Anda gengam sekarang. 

Kegagalan dapat membangun kepercayaan diri Anda karena pengalaman-pengalaman itu akan menjadikan Anda lebih percaya diri.

12 Motivasi Orang Sukses Saat Mengalami Kegagalan

  1. Mereka yang dikenal sebagai raja-raja mengalami kegagalan lebih dikenal dunia sebagai raja-raja kesuksesan. Orang-orang yang berani gagal adalah orang-orang yang siap menyongsong kesuksesan. 
  2. Kegagalan merupakan bekal kesuksesan kita pada masa mendatang dengan mengingatkan kita bahwa setiap kegagalan membawa bibit yang dapat meng- hasilkan keuntungan yang sama atau lebih besar. 
  3. "Life is a game, sometimes you win and sometimes you learn." (Hidup adalah sebuah permainan, kadang-kadang Anda menang, kadang-kadang Anda BELAJAR.) Kegagalan hanyalah sebuah hasil yang tidak cocok dengan keinginan kita. Gagal bukan berarti kalah, tetapi merupakan kesempatan bagi kita untuk memulainya dengan cara yang berbeda. Ke- gagalan sejati adalah ketika Anda sama sekali tidak mengambil pelajaran daripadanya. 
  4. Kegagalan adalah hal yang tidak dapat kita hindari dalam proses menuju keberhasilan. Kegagalanlah yang sering membuat banyak orang berhenti mengejar kesuksesan yang mereka idam-idamkan. Dengan mengetahui bahwa kegagalan bukanlah hal yang perlu ditakuti, kita dapat menghadapi kegagalan itu dengan lebih positif. 
  5. Kegagalan bukanlah sesuatu hal yang buruk jika Anda dapat belajar darinya. Ingatlah, setiap kali Anda gagal, bertanyalah kepada diri Anda tentang hal apa yang dapat Anda pelajari dari kegagalan ini.
  6. Jadikanlah kegagalan sebagai teman hidup dan bukan musuh abadi. Ingatlah, kegagalan bukan akhir dari kehidupan kita. Kegagalan akan menjadi kegagalan selamanya jika Anda menginginkannya demikian dan berhenti mencoba lagi.
  7. Orang lain tidak berpikir bahwa Anda bodoh ketika Anda melakukan kegagalan, bahkan mereka tidak memperhatikan kegagalan Anda. Mitos negatif ini hendaknya dibuang jauh-jauh dari pikiran Anda Hakikatnya, Anda sendirilah yang merasa bahwa orang lain memerhatikan kegagalan Anda, padahal TIDAK! Dunia tidak mempermasalahkan kegagalan Anda, justru dunia menunggu dan menghitung kesuksesan Anda. Oleh karena itu, beranilah untuk gagal demi mendapatkan kesuksesan. 
  8. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, justru merupakan suatu permulaan yang bagus untuk memulainya kembali. Salah satu mitos negatif lainnya adalah bahwa dunia ini akan runtuh ketika Anda gagal. Dan ini adalah salah besar! 
  9. Banyak orang tidak berhasil menggapai kesuksesan yang diidamkannya karena mereka berhenti di tengah jalan oleh sebab terhadang kegagalan. Sebaiknya, jangan pernah berpikir untuk menyerah ketika kegagalan datang. Sambutlah kegagalan, dan raihlah kemenangan.
  10. Suatu aksioma dalam hidup bahwa kita sering kali gagal dalam memulai melakukan suatu hal yang baru, bahkan kegagalan itu terjadi berulang kali. Namun justru dengan mengalami kegagalan demi kegagalan itulah kita mampu bertumbuh; karena ketika kita mengalami kegagalan, itulah saat bila- mana kita belajar; dan ketika kita belajar, itulah saat bilamana kita bertumbuh. 
  11. Kebanyakan orang tidak berhasil meraih kesuksesan karena mereka lebih takut menghadapi kegagalan. Ingatlah, manusia diciptakan untuk belajar dalant hidup ini, dan dalam proses belajar tersebut mereka harus bertemu dengan kegagalan. Orang-orang yang takut mengalami kegagalan adalah mereka juga yang takut menghadapi kesuksesan.
  12. Banyak orang ingin mendapatkan kesuksesan secara instan, akibatnya mereka cenderung mencari jalan pintas dan takut bertemu dengan kegagalan demi kegagalan. Jika jalan pintas menuju kesuksesan ternyata dapat ditemukan maka sungguh sangat membantu. Namun, dalam realitas hidup ini, sebagian besar jalan pintas tersebut merupakan jalan buntu.

Posting Komentar untuk "Mental Pememang Akan Menerapkan 12 Sikap Ini Saat Mengalami Kegagalan "

Berlangganan via Email