Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Langkah Menciptakan Rasa Percaya Diri dan Harga Diri

6 Langkah Menciptakan Rasa Percaya Diri dan Harga Diri

Semua orang sukses mempunyai suatu ciri yang universal, yaitu mereka semuanya memiliki harga diri yang tinggi. Harga diri dapat di artikan sebagai suatu perasaan dimana seorang merasa dirinya berharga dan merasa bangga terhadap dirinya. 

Orang yang memiliki self-esteem (harga diri) yang tinggi mempunyai pandangan yang sangat jelas mengenai tujuan hidup dan jati diri mereka. Tingkat self-esteem seseorang akan sangat mempengaruhi seluruh aspek dalam hidupnya. 

Menurut riset yang dilakukan oleh Dr. Joice Brothers mengungkapkan bahwa self-esteem anada menentukan karier yang anda miliki sekarang, penghasilan yang anda dapatkan saat ini, pasangan hidup yang menjadi pilihan anda, dan perlakukan yang diberikan orang kepada anda.

Seorang yang memiliki harga diri yang rendah akan memiliki harapan yang rendah pula terhadap pencapaian suksesnya. Jika anda memiliki harga diri yang rendah dan mengatakan, "Saya tidak suka dengan diri saya atau Saya adalah seorang pecundang," orang lain akan menangkap sinyal yang anda berikan dan memperlakukan anda seperti yang anda pikirkan. 

Untungnya, hal yang sama berlaku jika anda memiliki self-esteem yang tinggi, anda akan merasa bahwa anda adalah seorang yang dapat mencapai kesuksesan yang anda inginkan dan secara tidak langsung orang lain pun akan melihat hal yang sama dan memberikan perlakuan yang seperti anda inginkan. 

Harga diri (self-esteem) seseorang sangatlah dipengaruhi oleh kehidupannya pada masa kanak-kanak. Anak-anak dapat dengan mudah mengasosiasikan dirinya dengan apa yang sering diucapkan oleh orang tua terhadap mereka. 

Jika orang tua sering memberikan pujian dan kata-kata yang positif, sang anak akan tumbuh menjadi orang yang mempunyai rasa percaya diri tinggi. Namun, jika orang tua sering mengejek dan menjatuhkan mental anaknya, alhasil anaknya akan menjadi seorang yang memiliki rasa percaya diri rendah. 

Seorang dewasa berbeda dengan anak kecil, karena ia mampu memilih, menolak, menciptakan rasa percaya diri yang ia kehendaki. 

Tepat sekali apa yang dikatakan Eleanor Roosevelt,"No one can make your feel inferior without your permission," (Tidak ada seorang pun yang mampu membuat anda merasa rendah diri tanpa persetujuan anda.)

Membangun rasa percaya diri yang tinggi bukanlah sesuatu yang dapat diciptakan dalam satu malam melainkan harus melalui proses yang panjang. Setiap orang pada dasarnya memiliki kapasitas untuk menjadi menusia yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. 

Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda terapkan untuk menciptakan rasa percaya diri yang anda dambakan, 

Langkah #1 :

"Berhentilah untuk terus membandingkan diri anda dengan orang lain". Dalam hidup ini, anda akan menemukan kenyataan bahwa ada orang yang lebih baik daripada anda dan ada juga yang lebih buruk dari pada anda.

Jika anda terus membandingkan diri anda dengan setiap orang, anda akan bertemu dengan orang yang belum mampu anda tandingi. Hal ini akan menyebabkan anda membenci diri anda, iri hati, nyiyir, julid, merasa gagal, dan rendah diri.

Daripada membandingkan diri anda dengan orang lain, lebih baik berusahalah untuk bersaing dengan diri sendiri dengan berbuat sesuatu yang lebih dibandingkan sebelumnya. Berusahalah untuk memberikan yang terbaik yang anda miliki. Ingatlah bahwa setiap orang adalah manusia ciptaan Tuhan yang unik dan mempunyai jalan tersendiri untuk mencapai kesuksesanya.

Saya selalu memberikan saran kepada para peserta outbound training saya dengan, "Kesuksesan yang hakiki bukan ketika kita berhasil mengalahkan prestasi orang lain, tetapi ketika kita berhasil menglahkan diri kita dan mencapai presentasi yang memang semestinya kita capai sesuai kapabilitas kita."


Langkah #2 :

"Jangan menjelek-jelekan diri anda". Anda tidak akan memiliki harga diri yang tinggi jika anda terus menjelek-jelekkan diri anda dengan kalimat-kalimat yang menjatuhkan seperti, "Saya tidak akan sukses" atau "Setiap hal yang saya lakukan pasti gagal." Kalimat-kalimat inihanyalah memperkuat persaaan negatif dan tentu akan menurunkan harga diri anda. 

Langkah #3 :

"Janganlah menolak pujian". Pernahkan anda menerima pujian dan anda mengatakan, "Oh. itu adalah hal yang biasa, semua orang juga akan melakukan hal yang sama". Ketika anda menolak pujian, anda akan memberikan pesan kepada diri anda bahwa apa yang anda lakukan tidaklah berharga. 

Jadi mulai sekarang, jika anda yang memuji andam terimalah pujian tulus itu dengan mengucapkan, "Terimakasih."

Langkah #4 :

"Berkawanlah dengen mereka yang positif". Jika anda membiarkan diri anda dikelilingi oleh orang-orang negatof yang sering menghambat pencapaian sukses anda, rasa percaya diri anda akan turun. 

Jadi berhati-hatilah dalam memilih orang-orang di sekeliling anda. Pilihlah mereka yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. 

Langkah #5 :

"Tentukan arah hidup anda sendiri". Jalankan hidup ini seperti apa yang anda inginkan. Jangan membuat hidup anda didikte oleh orang lain yang menentukan apa yang terbaik untuk anda, karena anda sangat mengetahui apa yang terbaik untuk diri anda sendiri. 

Anda todak akan bangga dengan diri anda jika hidup anda "disetir" oleh orang lain, karena jika anda berhasil, ia akan mengambil semua kredit kesuksesan anda, dan jika anda gagal, anda mempunyai alasan untuk menyalahkan orang lain. 

Ambillah tanggung jawab untuk menentukan arah hidup anda. Jika anda mengikuti kata hati anda, rasa percaya diri anda pasti akan bertumbuh. 

Langkah #6 :

"Ambillah tindakan". Anda tidak akan memiliki harga diri yang tinggi jika anda hanya menjadi penonton di pinggir lapangan dan menghindar dari setiap tantangan yang di berikan hidup ini kepada anda. 

Tidaklah cukup dengan berkata-kata positif mengenai diri anda di depan cermin seperti, "Saya pasti bisa". Jika anda tidak mengambil tindakan, rasa percaya diri anda akan surut. 

Ambillah tindakan, apapun hasilnya nanti anda akan merasa bangga terhadap diri anda. Jika anda gagal untuk maju ke depan karena takut akan kegalalan, anda akan merasa frustasi dan tidak senang dan hal ini akan menurunkan rasa percaya diri anda. 

Hadapilah ketakutan anda dengan mengambil suatu tindakan mulai dari hari ini. 

Kesimpulan

Sejalan dengan bertumbuhnya rasa percaya diri, anda akan lebih berani mengambil risiko dan lebih berani menghadapi kegagalan. Anda tidak akan terlalu memikirkan apa yang dikatakan orang lain mengenai diri anda. 

Anda akan lebih sukses dalam hidup anda. Rasa percaya diri yang tinggi akan membawa kedamaian di hati karena anda bangga menjadi diri anda sebenarnya. 

Posting Komentar untuk "6 Langkah Menciptakan Rasa Percaya Diri dan Harga Diri"

Berlangganan via Email