Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Seorang Petinju

Doa Seorang Petinju

Rocky Marchiano adalah petinju legendaris, yang ceritanya diangkat dalam film Rocky yang diperankan oleh Sylvester Stallone.

Tercatat dalam sejarah, ia menyelesaikan rekor tak terkalahkan 49-0-0 (43 knockouts), dan ia pernah mengatakan bahwa seorang juara sejati harus terlebih dahulu mengerti konsep kegagalan baru dapat mengerti konsep kesuksesan.

Walaupun hampir setiap petinju mempersiapkan diri mereka sebaik mungkin, namun kadang kala mereka tetap berdoa agar diberi kekuatan.

Menurut Anda, apakah doa seorang petinju sejati sebelum naik ke atas ring? Apakah ia meminta kepada Tuhan agar ia dapat dihindarkan dari setiap pukulan lawan? Jelas tidak!

Seorang petinju sangat paham akan apa yang bakal mereka hadapi di atas ring; mereka akan menerima berbagai jenis pukulan pada sekujur tubuhnya. Jika mereka takut menerima pukulan, maka mereka bukanlah petinju sejati.

Dalam pertandingan tinju, salah satu kesempatan terbaik untuk menyerang adalah ketika lawan sedang melancarkan pukulan, karena dalam posisi ini pertahanan lawan dalam posisi terbuka.

Gaya bertinju Rocky tidak berbeda dengan gaya yang ditampilkan Mike Tyson yang menampilkan gaya petinju jalanan. Ketika ia mengayunkan lengan untuk memukul, ia tidak bermaksud untuk menariknya kembali untuk segera bertahan.

Bertinju dengan gaya ini sangat berisiko tinggi karena pertahanannya terbuka lebar. Rocky mengetahui risiko itu, tetapi ia pun lebih tahu bahwa pukulan yang dilepaskan dengan sekuat tenaga jika mengenai lawan dapat menyebabkan lawan jatuh dan kalah.

Tidak heran jika Rocky memiliki rekor menang KO sebanyak 43 dari 49 kali bertanding. Ya, Rocky mengerti prinsip kegagalan terlebih dahulu sebelum meraih kesuksesan.

Bagaimana dengan doa seorang petinju sebelum naik ring tadi? Apa isi dari doanya? 

Bisa ditebak, doa seorang petinju sejati sebelum bertanding adalah meminta kekuatan kepada Tuhan agar ia mampu bertahan atas setiap pukulan lawannya.

Ia berdoa agar dapat memukul lebih banyak dari lawannya, dan ia juga berdoa agar mampu bertahan dan berdiri lebih lama dibandingkan lawannya.

Jadi, inti dari doanya bukan untuk dihindarkan dari pukulan lawan. Terimalah kegagalan sebagai modal untuk meraih kesuksesan Anda. lika Anda tidak pernah SIAP GAGAL berarti secara tidak langsung Anda tidak pernah siap untuk sukses.

Andaikan hidup ini sebuah permainan (game), maka sebuah pameo kuno cukup memberikan pencerahan bagi kita. Pameo itu berbunyi, "Life is a game, sometimes you win and sometimes you lose." (Hidup adalah sebuah permainan, kadang Anda menang dan kadang Anda kalah.)

Bagi seorang juara sejati, dan bagi mereka yang ingin menaklukkan dirinya guna mencapai puncak kesuksesan yang didambakan, pameo ini kurang tepat redaksinya.

Bagi mereka, pameo ini lebih tepat jika berbunyi, “Life is a game, sometimes you win and sometimes you LEARN." (Hidup adalah sebuah permainan, kadang Anda menang dan kadang Anda BELAJAR.)

Artinya, jika kita ingin sukses dalam hidup ini, kita harus dapat melihat setiap kegagalan dalam arti yang positif.

Ketahuilah bahwa, kegagalan dan rintangan akan selalu datang dalam proses menuju kesuksesan, jadi hadapilah dengan lapang dada, dengan senyum dan mengertilah bahwa sesungguhnya kegagalan itu harus ada sebelum kesuksesan.

Jangan berharap hidup ini akan menjadi lebih mudah, tetapi berdoalah untuk menjadi lebih kuat dalam menghadapi setiap kesulitan dalam hidup. Ketika hidup ini menjadi keras, kita harus menghadapinya dengan lebih keras lagi.

Posting Komentar untuk "Doa Seorang Petinju "

Berlangganan via Email