Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Makna Sesungguhnya Dari Sebuah Kegagalan


Kegagalan merupakan bagian dari proses kehidupan yang harus kita hadapi setiap saat. Kita harus mampu mengubah ketakutan terhadap kegagalan (fear of failure) menjadi kekuatan atas kegagalan (power of failure), karena takut gagal adalah alasan yang paling utama yang menyebabkan seseorang tidak mengambil tindakan.

Ada pepatah yang mengatakan, "Kegagalan merupakan pengalaman-pengalaman yang harus dihadapi dalam perjalanan menuju kesuksesan," karena sesungguhnya, harus ada ke- gelapan malam yang sangat pekat terlebih dahulu sebelum fajar menyongsong.

Thomas Edison, penemu hak paten terbanyak di dunia, pada usia tuanya tidak melihat kebakaran pabriknya sebagai kegagalan yang harus disesali, bahkan dengan semangat ia mengajak keluarganya untuk menyaksikan kebakaran gedung kesayangannya.

Keesokan harinya ia mengumpulkan karyawannya dan bertekad dengan semangat penuh untuk membangun lagi gedung yang baru. Inilah sikap yang dibutuhkan setiap kali kita menghadapi kegagalan.

Cobalah lihat kegagalan dari sudut pandang yang positif dan berusahalah mencari pelajaran di balik semua yang terjadi.

Sesungguhnya KEGAGALAN adalah ..

Kegagalan merupakan guru yang terbaik.

1. Kegagalan merupakan guru yang terbaik. 

Bagi setiap individu bermental positif, kegagalan merupakan guru terbaik dalam perjalanan menuju pintu kesuksesan. Pada hakikatnya, kegagalan merupakan hal yang lumrah terjadi dalam setiap episode kehidupan kita.

Tidak ada suatu pencapaian sukses tanpa pernah terlebih dahulu melewati pintu kegagalan. Kegagalan akan memberikan pelajaran langsung berupa fakta-fakta yang akan membawa kita ke arah yang benar dalam perjalanan menuju puncak kesuksesan.

Namun, jika lengah dalam pelajaran tersebut, Anda akan mengulangi kegagalan yang sama pada waktu mendatang. Ibarat sekolah, Anda akan tinggal kelas dan mengulangi pelajaran yang sama.

Celakanya, jika di sekolah ada yang memberi tahu dan memberikan peringatan agar kita tidak mengulanginya terus-menerus, dalam hidup ini, bisa jadi tidak ada yang memberikan peringatan kepada kita, sehingga kita akan terus-menerus mengulangi kegagalan yang sama seumur hidup.

Ada seorang karyawan yang melayangkan protes kepada bosnya, "Saya sudah bekerja di perusahaan ini selama 20 tahun, tetapi mengapa gaji saya disamakan dengan gaji karyawan yang baru masuk 1 tahun?" Sang bos menjawab, "Anda sungguh-Sungguh ingin tahu jawabannya?" "Tentu." jawab karyawan tersebut.

Jawabannya, "Anda memang sudah bekerja 20 tahun, tetapi Anda tidak memiliki pengalaman sebagai orang yang bekerja 20 tahun. Anda adalah orang yang bekerja dengan pengalaman 1 tahun tetapi diulang 20 kali. Anda tidak pernah belajar! Itu sebabnya, saya bayar Anda sama dengan orang yang bekerja satu tahun!" 

Pada suatu ketika di sebuah perusahaan besar, dalam acara pergantian pucuk pumpinan tertinggi (CEO), CEO muda yang menggantikan CEO yang akan pensiun bertanya kepada seniornya, "Saya ingin bertanya tentang hal utama yang menjadi kunci kesuksesan Anda?" CEO tua dengan bijaksana menjawab, "Anak muda, saya dapat merangkum jawabannya dengan hanya dua kata: good decisions (keputusan-keputusan yang baik).

Namun, CEO muda itu kemudian bertanya lagi, "Tapi bagaimana Anda dapat memiliki kemampuan untuk memutuskan setiap hal dengan benar?" Jawab seniornya kembali, "Satu kata. Experiences (pengalaman)." Tidak puas dengan jawaban itu, sang CEO muda kembali bertanya, "Tetapi bagaimana Anda mendapatkan pengalaman yang membuat Anda dapat mengambil keputusan yang tepat?"

CEO tua itu terdiam sejenak dan terlihat berpikir keras, kemudian ia tersenyum dan mengatakan, "Jawabannya saya simpulkan dalam dua kata bad decisions (keputusan-keputusan yang buruk)." 

Sering kali kita melihat orang-orang sukses sepertinya tidak mempunyai masalah dalam mencapai kesuksesannya, padahal di balik kesuksesan besar yang dimilikinya, tersusun banyak kegagalan-kegagalan yang pernah dialami.

Kegagalan-kegagalan tersebut dijadikan guru-guru terbaiknya untuk mengambil keputusan yang lebih tepat dan lebih dekat dengan kesuksesan. Kehancuran pesawat ulang alik Challenger pada tahun 2003 tidak dilihat oleh NASA sebagai suatu momen untuk menghentikan segala kegiatan antariksa.

NASA bahkan menginvestasikan uang lebih besar lagi berjumlah miliaran dolar untuk menemukan penyebabnya dan belajar dari kesalahan itu. Alhasil, penerbangan berikutnya yang diluncurkan pada tahun 2005 berhasil, dan penerbangan kali ini dilakukan dengan pesawat yang jauh lebih aman yang dipelajari berdasarkan kegagalan sebelumnya.

Tom Watson, pendiri IBM selalu menerapkan budaya IBM dalam sistem kepemimpinannya. Pada suatu ketika, seorang eksekutif muda IBM melakukan transaksi fatal yang merugikan perusahaan lebih dari US$10 juta.

Kemudian, ia dipanggil oleh Tom Watson untuk menghadap. Dalam hati kecil si eksekutif muda tersebut sudah terbayang akan dimarahi dan dipecat dari IBM.

Namun, betapa terkejutnya ia ketika Tom Watson berkata, "Apakah kamu pikir, saya akan memecatmu? Sedangkan kamu sudah menghabiskan uang perusahaan uS$10 juta untuk biaya pendidikanmu!" 

Perlu Anda ketahui bahwa sesungguhnya metode yang paling sering dan paling banyak dilakukan oleh ilmuwan dalam melakukan penelitian adalah metode trial and error.

Mereka mencoba suatu hipotesis dan kemudian mempraktikkannya. Dalam praktik tersebut, mereka sering kali menemukan ketidakcocokan yang menyebabkan mereka gagal.

Kemudian mereka mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut dan mencoba memperbaikinya dengan menyusun suatu hipotesis baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Mereka kemudian mencoba hipotesis baru tersebut dengan metode yang sama, begitulah seterusnya hingga mereka berhasil mendapatkan suatu hasil yang sempurna.

Dalam hidup ini, bayangkanlah diri Anda seperti ilmuwan tersebut. Ketika Anda sedang mencoba merealisasikan goals Anda dengan berbagai strategi, janganlah takut dan gusar akan datangnya kegagalan.

Justru sebaliknya, bergembiralah ketika bertemu dengan suatu kegagalan, karena Anda telah belajar daripadanya.

Jadi, JANGAN TAKUT GAGAL, karena kegagalan akan menjadi guru terbaik yang akan mengarahkan Anda menuju arah yang tepat mewujudkan setiap goals Anda.



Kegagalan akan membuat Anda mengubah tindakan

2. Kegagalan akan membuat Anda mengubah tindakan. 

Ketika seseorang menghadapi kesuksesan, ia cenderung bersuka cita dan berpesta, tetapi ketika ia gagal ia cenderung menghabiskan waktu berpikir dan mencari tahu hal apa yang harus diperbaiki.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa definisi dari orang yang tidak waras adalah orang yang melakukan hal yang sama terus tetapi menginginkan hasil yang berbeda.

Alkisah, Joko adalah seorang karyawan yang telah bekerja lebih dari 20 tahun di sebuah perusahaan pemotongan kayu di daerah Kalimantan.

Perusahaan kemudian merekrut tenaga baru yang bernama Tommy untuk melakukan pekerjaan yang sama. Namun, dalam tempo yang singkat, Tommy mendapat promosi dan diangkat menjadi atasan Joko.

Oleh karena tidak menerima kenyataan pahit ini, maka Joko menghadap pemilik perusahaan untuk mempertanyakan keputusan yang diambil. Ia kemudian diberi tahu bahwa Tommy dapat memotong lebih banyak pohon ketimbang dirinya, dan dikatakan bahwa Joko selama 20 tahun kerja tidak memperlihatkan perkembangan yang berarti bahkan cenderung menurun.

Namun, perusahaan memberikan tantangan kepada Joko untuk meningkatkan produktivitasnya. Joko kemudian memutuskan untuk menemui Tommy dan mencari tahu penyebab keberhasilannya.

Tommy pun akhirnya membeberkan rahasianya bahwa setelah memotong beberapa pohon, ia menyisihkan waktu untuk mengasah gergajinya. Joko akhirnya menyadari bahwa selama ini ia tidak menyempatkan diri untuk mengasah gergajinya.

Pelajaran berharga bagi kita dari cerita ini adalah bahwa kegagalan yang datang kepada kita sebenarnya merupakan waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap strategi yang telah kita jalankan.

Mungkin strategi yang selama ini kita terapkan, tidak dapat mencapai hasil maksimal yang kita inginkan. Dengan adanya kegagalan, kita dapat mengambil waktu untuk memikirkan strategi lain untuk mencapai hasil yang kita inginkan.



Kegagalan adalah tantangan yang akan membuat kita lebih kuat

3. Kegagalan adalah tantangan yang akan membuat kita lebih kuat. 

Bagi para atlet angkat besi, kegagalan mereka mengangkat suatu beban bukan merupakan pukulan berat bagi mereka. Justru dengan kegagalan tersebut, mereka akan mencari berbagai strategi lain yang dianggap perlu untuk membuat otot-otot mereka lebih kuat lagi.

Hal yang sama terjadi pada diri kita. Kegagalan akan memperkuat karakter kita, Bayangkan karakter kita laksana sebuah bola yang dibanting dari suatu ketinggian tertentu. Setelah jatuh, bola tersebut akan memantul kembali ke atas.

Semakin keras Anda membantingnya, semakin tinggi pantulannya. Hal yang sama berlaku dalam hidup; semakin keras tantangan yang diberikan kepada Anda, semakin besar pula potensi yang akan Anda keluarkan untuk meresponsnya.

Itulah realitas hidup. Ketika kita jatuh dan gagal dalam satu episode kehidupan kita, bukan berarti kita akan jatuh selamanya. Belajarlah dari sebab-sebab kejatuhan dan kegagalan Anda tersebut, dan kemudian perkuatlah diri Anda dengannya.

Dengan demikian, pasti Anda akan menjadi pribadi yang lebih kuat lagi pada masa mendatang.

Ketika Anda menanggapi kegagalan Anda dengan sikap positif, maka pada posisi paling terpuruk pun Anda akan merasakan gairah yang luar biasa besar untuk bangkit dan berusaha lagi.

Salah satu keajaiban alam yang sungguh indan terdapat di sepanjang laut sebelah Utara Australia memanjang hingga ke Papua Nugini. Keajaiban alam ini dinamakan dengan Great Barrier Reef yang panjangnya lebih dari 2.000 kilometer, Great Barrier Reef adalah susunan batu karang yang terpanjang di dunia dan terbentang sejajar dengan garis pantai, membuat suatu pemandangan yang spektakuler dan dapat terlihat dari luar angkasa.

Hal menarik dari susunan batu karang ini adalah adanya dua sisi yang berbeda. Sisi dalam meng- hadap ke laguna yang tenang sedangkan sisi harus menghadapi kejamnya hantaman ombak yang bertubi-tubi.

Hal yang menarik perhatian banyak wisatawan adalah mengapa pada sisi dalam batu karangnya kelihatan pucat dan seperti tidak hidup, tetapi di sisi luar karangnya berwarna-warni dengan warna yang yang luar terang dan hidup.

Jika Anda ingin tahu mengapa, penjelasannya sangat sederhana. Sisi luar dari karang itu ditempa oleh ombak laut dahsyat yang mengakibatkan karang-karang itu berusaha mempertahankan diri dan bertambah kuat dan lebih hidup.

Di sisi lain, karang bagian dalam yang berada dalam laguna yang tenang tidak mendapat tantangan sehingga mereka lemah, tidak berdaya, dan kebanyakan karang-karang itu mati lebih cepat.

Perjalanan hidup manusia tidak terlepas dari tantangan-tantangan yang sering kali membuat kita putus asa dan kesal. Namun sesungguhnya, tantangan-tantangan ini akan mendidik karakter manusia positif lebih kuat lagi dan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.

Ingatlah, bahwa sesungguhnya kesuksesan Anda pada hakikatnya diukur dari berapa banyak rintangan yang telah berhasil Anda lalui.


Kegagalan merupakan peringatan bagi kita unfuk lebih waspada\

4. Kegagalan merupakan peringatan bagi kita unfuk lebih waspada. 

Simaklah cerita berikut ini. Pada tanggal 26 Februari 1993, sebuah bom berdaya ledak tinggi memorak-porandakan parkir di basement World Trade Center New York City vang menewaskan enam korban jiwa dan melukai lebih dari 1.000 orang.

Kejadian ini ditindaklanjuti dengan investigasi secara agresif dan menangkap beberapa pelaku. Namun sayangnya, para penegak hukum tidak menyadari bahwa ini adalah awal Serangan teroris di Amerika Serikat.

Ketika WTC runtuh pada tahun 2001, Komisaris Polisi Raymond Kelly dari baru menyadari bahwa serangan delapan tahun yang lalu merupakan isyarat bagi para penegak hukum di Amerika Serikat untuk lebih waspada.

Kegagalan memberikan peringatan kepada kita untuk melakukan evaluasi dan berusaha menangkap makna di baliknya.

Jika saya menyebut kata NOKIA, pasti Anda akan langsung mengingat sebuah merek telepon seluler asal Finlandia. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa pada mulanya NOKIA bukanlah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi apalagi telepon genggam.

Anda mungkin akan terkejut jika ternyata mengetahui bahwa NOKIA sebelumnya adalah sebuah per- usahaan yang memproduksi sepatu karet. Bagaimana bisa, sebuah perusahaan yang memproduksi sepatu karet berubah haluan secara drastis menjadi produsen telepon genggam?

NOKIA menyadari bahwa bisnis yang dijalaninya dengan memproduksi sepatu karet telah mencapai masa jenuh, tingkat permintaan terus merosot drastis dan sulit bersaing dengan penawaran dari negara ketiga yang lebih murah.

Sinyal seperti ini ditangkap oleh NOKIA dengan cara yang positif, maka ia mengubah haluan dengan memasuki dunia penuh tantangan baru di bidang telekomunikasi. Sering kali kegagalan atau halangan mengisyaratkan kita untuk mengubah haluan atau me meriksa apa yang yang telah kita lakukan.

Ingatlah baik-baik, jika kesuksesan memerlukan proses maka kegagalan pun melalui suatu proses. Dalam setiap proses menuju kegagalan, kita dapat menangkap sinyal-sinyal kedatangannya.

Laksana hujan, a tidak turun langsung dengan lebat. Sebelumnya selalu dimulai dengan adanya gumpalan awan gelap, kilat atau bahkan gemuruh guntur. Pada saat itu, kita harus bersiap diri untuk menyambutnya.


Kegagalan akan menumbuhkan keberanian untuk menghadapi risiko

5. Kegagalan akan menumbuhkan keberanian untuk menghadapi risiko. 

Merasa terbiasa dengan kegagalan, kita akan tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang berani menghadapi risiko yang datang dalam kancah kehidupan.

Kegagalan bukanlah sesuatu hal yang permanen namun hanya bersifat sementara asalkan kita tidak menyerah.

Ada dua jenis orang gagal: 

Pertama, Orang yang mencoba dan gagal;
Kedua,  Orang yang tidak mencoba dan gagal.

Mungkin kelihatannya lebih baik menjadi yang kedua, karena buat apa susah-susah mencoba akhir- nya toh gagal juga.

Perlu diingat bahwa orang pertama yang gagal, sekurang-kurangnya membuktikan bahwa ia mau berusaha terlebih dahulu. Dan ketika ia gagal, ia telah dapat memetik pelajaran yang sangat berharga dari kegagalannya tersebut.

Walaupun kedua orang tersebut gagal, namun orang pertama mempunyai arti kegagalan yang berbeda. Bukan kegagalannya yang penting, tetapi apa yang kita akan lakukan dengan kegagalan tersebut.

Jika orang pertama juga menyerah dan mengeluh, mungkin dia tidak lebih baik dibandingkan orang kedua. Namun jika ia menganggapnya sebagai suatu pelajaran, berusaha mencari solusi dan belajar dari kegagalan itu berarti ia adalah pemenang.

Lain dengan orang yang kedua karena belum mencoba dan gagal. Orang kedua akan lebik takut lagi mencoba. Orang ini tidak akan pernah belajar tentang arti dari sebuah kegagalan karena tidak mau mengambil tindakan.

Proses untuk mencoba dan gagal adalah proses pelajaran yang penting. Kegagalan tanpa pernah mencoba mempunyai risiko yang jauh lebih berbahaya dibandingkan kegagalan setelah mencoba.

Kegagalan dan kesuksesan bagaikan dua sisi mata uang, kegagalan dan kesuksesan adalah satu paket yang tidak dapat dipisahkan. Anda tidak dapat meraih kesuksesan tanpa pernah mengalami kegagalan.

Dan jangan berkecil hati bahwa dengan selalu siap dan pantang menyerah terhadap kegagalan. Anda juga bersiap untuk menerima kesuksesan. Filsuf Yunani bernama Epictetus pernah berkata, "Circumstances do not make the man; they simply reveal him to himself." (Kejadian-kejadian dan tantangan-tantangan dalam hidup tidaklah membuat manusia menjadi sukses, tetapi mereka men bantu manusia menemukan jati-dirinya.)

Posting Komentar untuk "Inilah Makna Sesungguhnya Dari Sebuah Kegagalan "

Berlangganan via Email