Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Nyata Sebuah Kesuksesan

Makna Nyata Sebuah Kesuksesan

Setiap buku motivasi pasti tidak lupa menjelaskan apa arti dari kesuksesan. Jika Anda bertanya kepada orang yang Anda temui di jalan, apakah arti kesuksesan bagi mereka, Anda pasti akan mendapatkan jawaban yang sangat beragam.

Di bawah ini, saya akan menjabarkan kekuatan- kekuatan apa saja yang dibutuhkan seseorang untuk mencapai kesuksesan yang didambakannya. Marilah kita belajar dari pendapat orang-orang terkenal di bidang "Pengembangan Diri" yang menjabarkan kekuatan-kekuatan yang dapat mewujudkan kesuksesan.

Pertama, kesuksesan berhubungan erat dengan sikap (attitude) seseorang dalam menghadapi segala hal. Emerson jelas setuju mengenai hal ini ketika ia mencetuskan bahwa "attitude is everything." Jika sikap adalah segalanya, sukses juga diakibatkan oleh sikap yang benar.

Untuk mencapai kesuksesan, sikap sama pentingnya dengan kemampuan. Earl Nightingale mengatakan bahwa sukses adalah suatu progres pencapaian tujuan berharga yang Anda tentukan.

Sepakat, jika Anda mampu merumuskan tujuan Anda dengan jelas, Anda akan lebih mudah mengejar kesuksesan yang Anda ingini.

Benjamin Disraeli mengaitkan sukses dengan kekuatan preparation (persiapan), mengingatkan kita bukan hanya memikirkan sukses tetapi lebih bersiap menyongsong jika kesempatan itu datang.

Tidaklah heran definisi sukses yang satu ini ditulis dengan meyakinkan bahwa kesuksesan terjadi ketika kesempatan bertemu dengan persiapan yang matang. Persiapan adalah arti yang juga disetujui oleh Henry Ford yang mengatakan, "Before everything else; getting ready is the secret of success." (Sebelum hal-hal lain, bersiap diri adalah rahasia dari sebuah kesuksesan.)

Tony Jeary mengingatkan akan pentingnya kekuatan dari goals, ia berprinsip, "We are successful when we are able to consistently accomplish predetermined, written goals." (Kita baru dapat dikatakan sukses ketika kita secara konsisten dapat mencapai target - target kita yang tertulis.)

Kekuatan sukses yang tidak kalah pentingnya dilontarkan oleh Dr. Schweitzer yang menjabarkan kesuksesan sebagai kebahagiaan. Kesuksesan diartikan sebagai pengejaran terhadap sesuatu yang kita cintai untuk dilakukan, yaitu hasrat terdalam atau panggilan terdalam dalam hidup kita dalam menjalankan keinginan kita.

Kesuksesan inilah yang akan membawa seseorang mencapai kepuasan dan kebahagiaan yang melebihi dari pencapaian material. Definisi kebahagiaan membuat seseorang lebih "hidup" dan bersemangat dalam menjalankan tujuannya di muka bumi ini.

Definisi ini juga mencurahkan seluruh isi hati dan pikiran kita dengan pekerjaan kita. Definisi ini didukung juga dengan ucapan David Frost yang mengatakan, "Don't aim for success if you want it; just do what you love and believe in, and it will come naturally". (Jangan hanya berfokus pada sukses semata jika Anda menginginkannya; lakukan saja apa yang Anda cintai dan yakini, maka kesuksesan akan datang secara alamiah.)

Anthony Robbins memperkuat kekuatan dari mencintai pekerjaan dengan mengatakan, "Success is doing what You nant to do, when You want, where You want, with whom You uant as much as You want." (Sukses adalah melakukan apa vang ingin Anda lakukan, kapan Anda ingin melakukannva, di mana pun Anda inginkan, dengan siapa pun yang Anda pilih untuk melakukannya, sebanyak yang ingin Anda lakukan.)

Kebanyakan orang terhimpit dalam pengambilan tindakan karena takut gagal, namun jika kita menyerahkan tujuan hidup kita pada hasrat yang terdalam, yaitu pencapaian kebahagiaan, kita akan bertemu sukses itu dalam perjalanan kita.

Zig Ziglar, motivator legendaris mengatakan sukses adalah melakukan hal yang Anda senangi dengan sebaik - baiknya; Sukses diukur dari keinginan untuk melakukannya bukan dari hasilnya, diukur berdasarkan usaha yang kita lakukan bukan kemenangannya.

Sukses adalah standar yang personal bagi setiap orang, yaitu melakukan yang terbaik sesuai dengan kemampuan terbaik kita. Jika kita telah berusaha sebaik mungkin, kita telah sukses. Apakah masih ada definisi kesuksesan lain yang menjabarkan dengan saksama arti kesuksesan itu?

Bagaimana jika definisi sukses diartikan sama dengan kekuatan antusias seperti yang dilontarkan oleh Walter Chrysler, "The real secret of success is enthusiasm." (Rahasia sesungguhnya dari kesuksesan adalah antusiasme.)

Begitu pula dengan Dale Carnegie yang menyatakan, "Flaming en- thusiasm, backed up by horse sense and persistence, is the quality that most frequently makes for success." (Antusiame yang membara dan didukung oleh naluri kuda dan kegigihan adalah kualitas yang paling sering mewujudkan kesuksesan.)

Faktor antusias yang diyakini sebagai kunci sukses dibungkus dengan pernyataan Sir Winston Churchill yaitu, " Success is the ability to go from failure to failure without losing your enthusiasm." (Kesuksesan adalah kemampuan untuk melewati kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan antusiame.)

Saya yakin Anda juga setuju dan pernah mendapatkan diri Anda terbakar oleh antusiasme dalam mengejar tujuan hidup Anda.

Antusiasme adalah percikan-percikan semangat yang membakar untuk men- capai target hidup Anda. Tanpa antusiasme yang menjadi roket pendorong, tidak akan ada hal yang berarti yang akan dicapai oleh seseorang. Antusiasme mampu mendorong seseorang keluar dari comfort zone-nya (zona nya- man), antusiasme membangkitkan pengharapan pencapaian target seseorang.

Tanpa antusiasme, sangat susah mewujudkan sukses yang sebenarnya. Definisi sukses juga dihubungkan dengan kekuatan visualisasi dan imajinasi pencapaian target seseorang. Dr. Joyce Brothers mengatakan, "Success is a state of mind. If you want success, start thinking of yourself as a success." (Kesuksesan adalah suatu kondisi pikiran. Jika Anda ingin mencapai kesuksesan, mulailah berpikir diri Anda sukses.)

Visualisasi yang menggambarkan bahwa diri Anda mampu dan telah mencapai target Anda, membantu Anda mengkristalkan target tersebut sehingga sukses dapat berada dalam gengaman Anda.

Visualisasi mempunyai kekuatan yang sama dengan antusiasme dan mempunyai kemampuan untuk membakar dan membuat Anda fokus terhadap target Anda dan mengharapkan hasil yang positif. Dengan "melihat" diri Anda sukses dalam pikiran secara jernih, maka Anda dapat mewujudkan kesuksesan itu.

Bagaimana dengan orang-orang yang menyamaratakan sukses dengan kekuatan kegigihan dan semangat pantang menyerah (perseverance)? Apakah Anda setuju dengan apa yang dikatakan oleh Thomas Edison, "Many of life's failures are people who did not realize how close they were to success when they gave up." (Banyak orang yang menyerah pada kegagalan padahal ia sudah sedemikian dekat dengan kesuksesan.)

Ya, juara sejati adalah mereka yang tidak berhenti ketika bertemu dengan halangan, ia adalah orang yang selalu akan mencari satu lagi jalan keluar untuk mengejar apa yang diinginkan oleh hasratnya.

Demikian juga tepat sekali apa yang dikatakan oleh Booker T. Washington, "Success is to be measured not so uch by the position that one has reached in life as by the ob- atacles which he has overcome." (Kesuksesan haruslah diukur tidak saja dari posisi yang diraih oleh seseorang tetapi juga dari rintangan yang berhasil dilewatinya.)

Kegigihanlah vang membuat seseorang mampu bertahan satu jam lagi, satu pukulan lagi, satu lompatan lagi, dan satu usaha lagi. Bagaimana juga dengan pernyataan George S. Patton yang mengatakan, "I don't measure a man's success by how high he climbs but how high he bounces when he hits bottom." (Saya tidak mengukur kesuksesan seseorang dari seberapa tinggi ia mendaki, tetapi dari seberapa tinggi ia kembali bangkit ketika terjatuh.)

Definisi yang satu ini mengenai kegigihan, keuletan benar-benar melihat sukses dalam perspektif yang berbeda dengan tidak mengukur sukses dari hasilnya tetapi dari usaha yang pantang menyerah.

Mungkin kunci kesuksesan tidaklah lengkap jika kita tidak menyejajarkan sukses dengan kekuatan dari tin- dakan yang diambil dan kerja keras yang ditanam seseorang.

Ada pepatah yang mengatakan, "The only place in the world where 'success' comes before 'work' is in the dictionary." (Satu-satunya tempat di dunia di mana "sukses" terjadi sebelum "kerja" adalah di dalam kamus bahasa.) J

ika Anda mencari kata sukses (SUCCESS) dalam kamus bahasa Inggris, Anda akan menemukannya sebelum kata bekerja (WORK), dan ini jelas adalah fakta yang salah mengenai kesuksesan karena kerja keras selalu harus mendahului sukses seseorang.

Ingin melihat kesuksesan secara nyata, singsingkanlah lengan baju Anda dan bersiaplah untuk ACTION! Kesuksesan dapat Anda raih ketika Anda mengambil tindakan atas hasrat yang ingin Anda capai.

John Maxwell merangkumnya dengan elegan dan memberikan tiga arti sebenarnya dari sebuah kesuksesan.

Pertama, knowing your purpose in life (mengetahui tujuan hidup Anda dengan melakukan hal-hal yang Anda cintai dan senangi).

Kedua, growing to your maximum potential (melakukan segala hal yang Anda cintai dengan kemam- puan terbaik Anda).

Ketiga, adding value to people (dalam proses melakukan semua itu kita dapat memberikan kontribusi bagi orang-orang di sekeliling kita dan kepada dunia).

Posting Komentar untuk "Makna Nyata Sebuah Kesuksesan"

Berlangganan via Email