Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekuatan Visualisai Untuk Meraih Tujuan Hidup

kekuatan visualisasi

Tahukah anda bahwa 80% manusia di muka bumi ini adalah visual? Artinya, orang-orang visual daat termotivasi dan terinspirasi jika ada suatu gambar yang dapat di fokuskan.

Visualiasi adalah suatu proses penting yang selalu dilakukan oleh orang-orang sukses. Akan tetapi, kekuatan ini bukan hanya milik orang terntentu saja, setiap orang memiliki kekuatan untuk melakukan visualisasi ini. 

Walt Disney adlah tokoh yang sangat dikenal bukan hanya di kalangan anak kecil tetapi juga orang dewasa karena hasil karyanya, yaitu Disneyland. 

Ketika peresmian Disneyland di Prancis, seorang reporter bertanya kepada cucu dari Walt Disney, "Sayang sekalu kakek anda tidak berada di sini untuk menyaksikan pembukaan ini," Dan sang cucu menjawab, "Tuan, anda salah, kakek saya telah "melihat" semua ini makanya kami meresmikannya sekarang."

Inilah kekuatan dari sebuah visualisasi yang kuat. Semakin baik anda melakukan visualisasi, akan semakin cepat dan dekat anda dengan goals yang telah anda canangkan. 

Denis Waitley, penulis buku Empires of the Mind menekankan pentingnya visualisasi bagi setiap orang yang ingin mencapai goals-nya dengan mengatakan, "Imajinasi anda adalah kacamata anda terhadap kehidupan masa datang,"

Salah satu cara yang paling efektif untuk merealisasikan cita-cita and adalah dengan menggunakan prinsip, "Berlakulah seakan-akan hal tersebut sudah terjadi." Jika anda ingin menjadi seorang penulis buku, pengusaha sukses, top eksekutif, maka berpikirlah, berkata-katalah, betingkah -lakulah, dan bertindaklah seakan-akan anda telah mencapainya.

Setiap kemajuan signifikan dalam hidup anda dimulai dari kemajuan imajinasi anda dalam melukiskan masa depan. Imajinasi ini kemudian akan melekat di pikiran bawah sadar anda dan menjadi pengarah pikiran sadar anda untuk merealisasikannya menjadi kenyataan. 

Steven Covey, pengarang buku laris, The 7 Habits of Highly Effective People, menjelaskan definisi visualisasi dengan sederhana, "Begin with the end in Mind." (Mulailah dengan melihat hasil akhir di pikiran anda.) 

Setiap kejadian di dunia ini terjadi dua kali; yang pertama terjadi di dalam pikiran seseorang dan kedua terjadi dalam perbuatan mengikuti pikiran yang pertama.

Orang-orang sukses adalah mereka yang secara terus-menerus memikirkan gambar dan imajinasi masa depan mereka. Mereka terus-menerus membayangkan kondisi mereka di masa depan secara positif. 

Jika mereka ingin menjadi seorang pemain sepakbola kelas dunia, mereka terus-menerus memikirkan dan membayangkan oara bintang sepakbola dunia. 

Jika mereka ingin menjadi seorang pemimpin perusahaan yang sukses, mereka terus-menerus memikirkan dan membayangkan para pemimpin perusahaan yang sangat sukses. Sebaliknya, mereka yang gagal selalu diliputi oleh visualisasi negatif setiap harinya. Mereka terus-menerus membayangkan hal-hal yang mengerikan terjadi dalam hidup mereka. 

Pada artikel sebelumnya, ada pembahasan tentang kekuatan dahsyat dari pikiran bawah sadar anda. Pikiran bawah sadar memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Pikiran bawah sadar akan mengoordinasikan setiap aspek dalam pikiran anda, perasaan anda, perilaku anda, perkataan anda, tindakan anda, dan emosi anda. 

Dengan demikian pikiran bawah sadar juga akan selalu konsisten dengan gambaran dan imajinasi yang masuk kepadanya. Jika pikiran sadar anda selalu memvisualisasikan hal-hal positif tengang goals anda, pikiran ini akan masuk ke pikiran bawah sadar tersebut dan akan mengarahkan anda untuk memiliki perilaku yang mengarah pada pencapaian goals anda. 

Jika pikiran sadar anda memasukkan hal-hal negatif, hal yang sama juga akan terjadi dengan pikiran bawah sadar anda. Sebagai akibatnya, anda bukanya mendekati keberhasilan mewujudkan goals, malah akan menjauh darinya. 

Berbagai penelitian telah dilakukan mengenai hal ini, dan semua hasil menyimpulkan bahwa orang-orang sukses dan bahagia selalu memikirkan tentang kesuksesan dan kebahagiaan setiap saat dalam hidupnya. 

Sebaliknya, orang-orang gagal setiap saat sibuk dengan hal-hal yang tidak mereka sukai dan kejadian yang tidak mereka inginkan dalam hidup. Hukum kausualitas menyatakan bahwa apa yang selalu anda pikirkan setiap saat akan menjadi bagian hidup anda yang paling dominan dan akan menjadi kenyataan. 

Oleh karena itu, jika anda ingin mewujudkan goals anda menjadi kenyataan, mulailah untuk hanya berpikir dan berbicara tentanghal-hal yang anda inginkan, dan hindarilah berpikir dan berbicara tentang hal-hal yang tidak anda inginkan; karena faktanya, pikiran anda memang memiliki kekuatan yang dahysat.

Jika anda mulai mengarah pada pikiran-pikiran negatif, berkonsentrasilah, fokuslah, dan paksalah pikiran anda untuk kembali memikirkan goals anda. Dengan selalu mengulang-ulang teknik ini, maka suatu ketika anda akan menemukan pikiran anda yang selalu memikirkan tentang goals anda setiap saat.

Teknis visualisasi yang digunakan Jim Carrey seroang komedian terkenal dapat kita lakukan, yaitu dengan menuliskan berapa target yang ingin kita capai dalam hidup kita dan carilah gambar yang paling mirip dengan apa yang anda inginkan dan simpanlah dala dompet anda atau tempelkan pada tembok tempat anda bekerja. 

Buatlah target jangka panjang, namun yang lebih penting adalah target jangka pendek yang dapat dengan mudah menambah motivasi anda untuk mencapai tujuan.

Dengan adanya visualisasi ini pikiran bawah sadar kita dapat difokuskan untuk mencapainya. Kemungkinan anda akan lebih besar dalam mencapai target anda. Usahakan untuk setiap hari melihat target yang anda tentukan dan yakinlah diri anda untuk bergerak maju ke arah target tersebut.

Gunakanlah kekuatan dari visualisasi untuk mencapai tujuan anda. Visualisasi akan menjadi semakin kuat jika anda lebih sering mengulanginya di dalam pikiran anda, dengan intensitas yang lebih kuat dan membayangkannya dengan lebih detail. 

Posting Komentar untuk "Kekuatan Visualisai Untuk Meraih Tujuan Hidup"

Berlangganan via Email